Halaman

Sabtu, 21 Desember 2013

Menurut Kamu, Apa yang Menarik dari Ikan CUPANG?


--- sekedar mengajak sharing dengan teman-teman pecinta cupang. Untuk menggali potensi ikancupang secara lebih dalam, dengan harapan agar kita lebih giat pelihara/bisnis cupangnya!---


Daya tarik ikan cupang sungguh cukup besar. Daya tarik ikan yang berasal dari Asia Tenggara ini bahkan telah menyita perhatian orang-orang eropa dan Amerika. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di Amerika didirikan konggres internasional tentang cupang atau Internasional Betta Congres (IBC) sejak tahun 1966. Dan setiap saat mengadakan kontes cupang di berbagai negara!

Lalu, apa yang menarik menurut mereka (orang eropa dan Amerika)? Saya belum tahu. Namun, ada baiknya kita diskusi tentang hal ini, berdasarkan pengamatan dan apa yang kita rasakan selama ini. Agar, kita lebih mencintainya!

Apa yang menarik dari cupang? Menurut saya:

1.  Ikan cupang itu sungguh indah dan sangat variatif (banyak jenis, warna, bentuk, dsb). Sehingga tidak membosankan. Bahkan, ketika ‘lahir’ burayaknya, kita pun sukatak sabar untuk segera dapat melihat kayak apa ‘tampang’-nya. Seperti kelahiranbayi aja!

2.  Ikan cupang itu relatif gampang diternakkan. Jangankan orang dewasa, anak kecil (SD)pun bisa menernakkannya. Bahkan, kita bisa –dengan relatif mudah-- menyilang-nyilangperkawinannnya (hibrid). Kita pun akan semakin penasaran pula, kayak apaanakannya?

3.   Ikan cupang itu praktis dan tidak rewel
  • Bisa dipelihara di berbagai wadah, meskipun sempit. Seperti akuarium kecil, toples, botol,bahkan gelar air minuman sekalipun. Meskipun kita pindah-pindah (cupang dan wadahnya),ikan cupang juga tidak gampang stres atau rewel.
  • Ikan cupang mampu hidup di air yang miskin kandungan oksigennya. Tidak seperti ikanmas koki, arwana dan jenis ikan hias lainnya yang membutuhkan bantuan alatsirkulasi (aerator). Karena, ikan cupang dikarunia Tuhan berupa labirin. Dengan alat pernapasan tambahanini, ikan cupang mampu menghirup oksigen dari udara secara langsung. Hebat,bukan?
  • Karenannya, ikan cupang mudah pengangkutannya. Cupang bisa dibungkus di dalam plastik kecil(8x20 cm) dan bisa dikirim via jasa penitipan dengan berhari-hari lamanya.
  • Gampang makannya. Cupang sebenarnya termasuk hewan karnivora. Pakan alaminya adalahjenis binatang-binatang kecil. Seperti kutu air, cacing, jentik nyamuk, danbahkan nyamuk mati pun disantapnya.  Namun,cupang juga mau dikasih pakan buatan (pelet). Harga pelet pun cukup murah. Sehingga,kita tidak menghabiskan waktu untuk mencari kutu air yang semakin langka. Jadi,beternak ikan cupang dapat mengisi waktu-waktu senggang. Asyik, kan?
 4.  Bisa dikonteskan. Kecantikan atau keindahan ikan cupang bisa dilombakan. Sehingga dapat mengundang perhatian dan daya tarik banyak orang, dan pastinya juga mendatangkan keuntungan (uang)!

5.  Bisnis ikan cupang itu lumayan menjanjikan. Untuk urusan ini, teman-teman sudah padatahulah. Seiring dengan semakin banyak orang mengenal dan menyukainya, --darianak-anak hingga kakek-kakek—maka bisnis cupang akan semakin berkembang terus!

6.  Selanjutnya...... Bagaimana menurut teman-teman? sharing ya....


Salam - HJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar